This is an example of a HTML caption with a link.
Examen Conscientiae
10 March 2015

Pemeriksaan Kesadaran [LR.24 - LR.31]

 

Igansius Loyola menawarkan satu ketrampilan untuk membantu kita mencermati gerak roh yang terjadi di dalam diri kita setiap hari. Dengan demikian, kita terbantu untuk selalu menemukan Allah dan kehendak-Nya setiap hari dan dalam segala hal. Ketrampilan itu adalah pemeriksaan kesadaran (examen conscientiae). Pemeriksaan kesadaran sendiri merupakan sebuah doa. Melalui pemeriksaan kesadaran ini, diajak untuk memilah-milah gerakan roh yang ada dalam hidup kita. Diharapkan bahwa gerak Roh Baik, Roh Allan sendirilah yang kita pilih dan kita ikuti. Mengingat pentingnya pemeriksaan kesadaran bagi hidup kita, Ignasius menganjurkan supaya kita melakukannya dua kali dalam sehari. Sekali pada siang hari (tengah hari) dan sekali pada malam hari (sebelum tidur). Adapun lamanya maksimal 15 menit. Lima langkah mempraktekkannya:

1. Hening di hadirat Tuhan dan bersyukur atas seluruh hari ini. Aku menyadari bahwa Tuhan memandangku penuh kasih.

2. Memohon rahmat untuk dapat melihat gerakan-gerakan yang dominan muncul dalam hidupku hari ini.

3. Melihat pengalamanku seluruh hari ini untuk menemukan Allah dalam segala hal. Kuingat pengalaman yang mengesankan, membahagiakan, memberikan semangat, menghibur. Juga pengalaman yang menyusahkan, menyedihkan, menggelisahkan, dan membuatku kering. Meneliti gerakan-gerakan, dorongan yang muncul dalam pengalaman tersebut. Bagaimana gerakan Roh Baik dan roh jahat atau diriku sendiri dalam pengalaman itu? Gerakan itu membawaku kemana? Lebih mendekatkan kepada Allah dan tujuan aku diciptakan atau menjauhi-Nya Mengapa? bagaimana tanggapanku terhadap gerakan itu? Apakah aku puas? Bagaimana aku sampai mengikuti gerakan-gerakan itu? Bagaimanka perasaanku?

4 Bersyukur atas hal-hal baik dan memohon untuk lebih baik lagi. Meresapkan bagaimana Roh Baik bekerja pada diriku hari ini, sehingga besok pagi aku lebih peka. Mohon ampun atas hal-hal yang tidak baik, melihat sebab-sebabnya dan mencoba besok untuk tidak berbuat hal itu lagi. Melihat kembali bagaimana roh jahat bekerja dan mempengaruhi, melihat tipu dayanya, untuk lebih waspada besok pagi.

5. Berterima kasih kepada Allah atas kesadaran hari ini dan memohon berkat untuk niatku selanjutnya.

 

 

Tim Ragawidya, Kitab Putih: Untuk Mereka Yang Masih Waras, 2014

 

Copyright © SMK PIKA 2012 Friday, 23-06-2017