Sejarah PPPIK PIKA
Sejarah PPPIK PIKA :: ADMIN

Perkembangan industri kayu meningkat pesat di awal tahun 90-an. Seiring dengan perkembangan tersebut, diikuti pula oleh permintaan tenaga ahli kayu yang semakin terampil dan handal. PIKA yang saat itu sudah dikenal oleh industri kayu sebagai pencetak tenaga ahli perkayuan tidak lagi mampu untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Pada saat itu PIKA hanya menghasilkan 25 orang lulusan setiap tahunnya. Jumlah itu sangat jauh dari kebutuhan permintaan tenaga ahli perkayuan yang diharapkan industri perkayuan.

Menjawab permintaan tersebut dan dengan dorongan yang kuat untuk mewujudkan visinya sebagai pelopor kemajuan dan perkembangan dunia industri kayu, maka pada tanggal 16 Februari 1991 berdirilah suatu lembaga baru di PIKA dengan nama: PUSAT PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN INDUSTRI KAYU (PPPIK PIKA)

Sesuai dengan konsep dasarnya untuk membantu dunia industri perkayuan, maka tentu saja perusahaan perkayuan dapat mengikut sertakan tenaga kerjanya untuk mengikuti berbagai aktivitas seminar dan pelatihan baik yang berkaitan dengan materi perkayuan, manajemen maupun pengembangan sistem manufaktur, yang diselenggarakan oleh PPPIK PIKA.

Terkait dengan seminar dan pelatihan, berkembang pula kebutuhan industri akan konsultasi mengenai berbagai problematika yang terjadi dalam industri kayu. Kebutuhan akan jasa konsultasi tersebut disambut secara terbuka oleh PPPIK PIKA dan ditanggapi pula secara serius dengan mengembangkan kemampuan para fasilitator yang tergabung dalam PPPIK PIKA dengan meningkatkan kompetensinya baik dalam bidang penelitian, pendidikan serta kepelatihan.

Terhitung mulai 9 Februari 2011, PPPIK PIKA menegaskan profesionalismenya dengan legalisasi dari dinas tenaga kerja dan transmigrasi kota semarang nomor 563 / 274 / 2011. Demikianlah selanjutnya, mulai sejak saat itu, dengan tidak melupakan segala kelemahan manusiawi yang ada, tekad untuk terus berkembang dalam segala tantangan teknologi perkayuan akan dijawab secara lebih bijak oleh PPPIK PIKA karena sesungguhnya belajar bukan untuk sekolah, melainkan untuk hidup.

NON SCHOLAE SED VITAE DISCIMUS

Copyright © P3IK PIKA 2012 Monday, 18-12-2017